Buah dan Sayur untuk Kesehatan Kulit

Mungkin Anda sudah sering membaca bahwa beberapa jenis buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi kesegaran kulit wajah kita. Tidak heran jika banyak masker yang umumnya dibuat dari buah-buahan lokal maupun buah yang berasal dari luar negeri. Tidak hanya buah, ternyata beberapa makanan lainnyapun baik bagi kesegaran kulit muka. Selain dimakan, dapat pula sebagai masker.

Beberapa buah dan makanan yang patut Anda perhatikan dan gunakan:

·         Pepaya, buah ini sangat baik sebagai eksfoliator alami. Enzim papin yang terkandung di dalamnya membantu kulit untuk memperbaiki diri dan mengelupaskan sel kulit mati.

·         Wortel, sayuran berwarna merah keorange-an ini merupakan sumber betakaroten serta vitamin C dan E yang sangat diperlukan kulit. Sebaiknya Anda sering mengkonsumsi wortel ini.

·         Strowberry, buah ini mengandung zat yang dapat membersihkan dan mengencangkan kulit, jika dipakai sebagai masker alami. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

·         Mentimun, buah ini sangat menyegarkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sapukan seiris mentimun pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Karena itu banyak toner yang menggunakan ekstrak mentimun.

·         Lidah buaya, daun lidah buaya ini sangat baik untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu dapat menyembuhkan kulit yang terbakar dan gatal-gatal karena iritasi. Gel yang terkandung dalam daun lidah buaya ini dapat langsung Anda gunakan.

·         Yoghurt, berfungsi sebagai bahan dasar yang dapat mengikat bahan-bahan lain yang digunakan sebagai masker wajah alami, seperti rempah dan minyak.

·         Teh hijau, selain mencegah kanker, teh hijau dapat mempertahankan kehalusan kulit dan melindunginya dari sinar UV yang berbahaya.

 

 

Kulit yang sehat akan membuat membuat orang terlihat lebih segar dan muda. Terutama bagi kaum perempuan yang ingin terlihat cantik dan awet muda, maka kesehatan kulit salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan.

Jangan Merokok
Merokok akan merusak sirkulasi kecil dalam kulit, sehingga membuat kulit kelihatan kusam dan tidak cerah. Akan menambah keriput pada kulit, terutama pada kulit di sekitar mulut.

Diet Seimbang
Diet dengan makanan yang sehat secara seimbang, mengandung banyak sayuran dan buah untuk memenuhi kecukupan vitamin, mineral dan anti oksidan.

Olahraga
Olahraga yang teratur akan membuat kulit sehat dan berat badan yang ideal.

Tidur yang cukup
Tidur sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk sel-sel kulit. Membuat kulit dan tubuh kembali segar.

Kurangi Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat merusak hati.

Lindungi dari Sinar Matahari
Bahaya dari sinar matahari ialah sinar ultraviolet A yang dipancarkannya, yang dapat merusak jaringan kolagen kulit. Kulit akan menipis dan mudah untuk terjadi keriput.

Atasi Stres
Stres selain dapat merusak kesehatan, juga akan berpengaruh pada wajah dan bentuk tubuh anda.

 

Salah satu bagian tubuh yang dapat menjunjang penampilan Anda adalah wajah. Dengan wajah yang bersih dan segar,  Anda pun akan lebih percaya diri. ada banyak cara untuk menjaga kesegaran wajah, salah satunya dengan memanfaatkan kandungan vitamin pada buah-buahan.

Permaslahan pada wajah pun tergandung dengan jenis kulitnya. Ada yang berminyak, dengan ciri-ciri keluarnya minyak terus-menerus pada wajah di sekitar dahi, hidung, dagu (istilah daerah “T”), dan pipi di bagian bawah tulang pipi. Pada umumnya, kulit wajah jenis ini mudah ditumbuhi jerawat. Untuk tipe ini, maka buah mentimun dapat membantu mengatasinya. Buah ini berkhasiat menghaluskan dan melemaskan kulit, membantu meringankan pori-pori, serta mengeluarkan kotoran dari kulit. Dengan demikian timbulnya jerawat pun dapat dicegah. Selain mentimun, buah tomat juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit berminyak, sehingga wajah selalu segar dan alami.

Jenis kulit wajah yang kedua adalah jenis kulit kering. Biasanya kulit terlihat kusam atau tidak mengilap, kadang terasa menegang (tertarik), bersisik, dan terasa gatal. Keadaan pori-pori kuit sering tampak layu dan kasar, serta keriput, sehingga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Buah yang baik untuk dikonsumsi bagi kulit wajah jenis ini dalah wortel*. Vitamin A dalam wortel diperlukan untuk pemeliharaan jaringan epitel (Jaringan yang ada dipermukaan kulit). Pada wortel juga terdapat karoten yang berfungsi menjaga kelembapan kulit, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah, dan membuat wajah tampak selalu berseri. Selain itu, buah nanas juga dapat menjadi alternatif Anda. Sebab, buah ini mengandung zat yang berfungsi meringkaskan pori-pori sehingga kulit tampak halus.

Lain lagi halnya dengan jenis kulit normal. Di antara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Selain itu, teksturnya halus dan jika disentuh terasa lembut. Untuk kulit wajah jenis ini, buah alpukat dapat menjadi pilihan Anda. Masker alpukat dapat membantu merawat jenis kulit wajah normal. Sebab, kadar lemaknya yang tinggi dapat melembapkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari.

* Wortel dapat dikonsumsi dengan cara menjus wortel mentah atau direbus

(tips merebus sayuran: agar vitamin dalam sayuran tetap terjamin, maka sebelum memasukan sayuran, air rebusan diberi garam secukupnya dan sedikit gula; gula berguna untuk menjaga agar vitamin-vitamin yang ada dalam sayuran tetap terjaga dan tidak terbuang dengan air rebusan.)

 

Kulit Lembut Dengan Pisang

Sst, Pisang nggak hanya ok buat dimakan . Di beberapa negara bahkan pisang telah digunakan sebagai campuran kosmetik untuk mengatasi kulit wajah yang kering sekaligus menghilangkan noda. Caranya campur 50cc yoghurt putih , 2 sendok makan madu dan satu buah pisang yang dihancurkan hingga rata. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah dan leher dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu bilas dengan air dingin seperti biasa . Lakukan masker ini seminggu sekali buat menghilangkan noda di wajah.

 

Belimbing Untuk Kecantikan

Vitamin C dan A dari buah belimbing efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah, menyegarkan dan menyejukkan wajah . Kandungan mineralnya membantu mengurangi kelelahan kulit, menjadikan wajah segar berseri.
Caranya :
– cuci bersih buah belimbing
– potong-potong tipis
– tempelkan pada bagian kulit yang banyak mengeluarkan minyak
– diamkan selama kurang lebih 5 menit
– bilas dengan air bersih